General

Berteman dengan Wartawan

 

Tidak semua dikaruniai kemampuan untuk berteman dengan wartawan. Berteman dengan wartawan memang gampang-gampang susah untuk tidak mengatakan tak mudah lho berteman dengan wartawan.

Kenapa harus berteman dengan wartawan? Satu hal yang harus dipahami, wartawan adalah stakeholder dari pekerjaan kita sebagai humas. Apa yang dilakukan oleh perusahaan perlu untuk diketahui juga oleh masyarakat. Salah satunya melalui saluran media. Melalui wartawanlah perkembangan kinerja, update situasi terkini atau pun penjelasan terhadap suatu krisis bisa kita lakukan.

Dengan beberapa alasan tersebut, mutlak bagi kita untuk memiliki relasi yang baik dengan wartawan.  Yuk kita mulai belajar berjejaring dari awal dengan wartawan.

Awalilah pertemanan dengan jujur.  Ini sangat penting. Tidak hanya dengan wartawan, tetapi dengan siapapun.

Kedua, tahu  kebutuhan wartawan. Data dan akses merupakan kebutuhan yang utama bagi wartawan. Dengan dua hal tersebut, memudahkan wartawan melakukan tugasnya dalam keseharian.

Tulus. Ini bukan nama penyanyi. Tetapi sikap yang perlu kita bangun. Seperti ketika kita berteman dengan A,B,C,D. Tidak ada udang di balik batu. Yang utama jangan memanfaatkan pertemanan agar kita mendapat keuntungan. Sekali dua mungkin  kita bisa diuntungkan, tetapi percayalah, pertemananmu tidak akan langgeng.

Komunikasi intensif memang perlu. Jangan hanya menyapa saat membutuhkan. Berteman dengan wartawan sangat menguntungkan. Selain karena akses  utama untuk mendapatkan informasi, kita pun juga bisa dapat informasi-informasi awal tentang suatu isu. Atau bahkan latar belakang suatu isu yang sedang berkembang.

Bergaullah di luar pekerjaanmu. Berbincanglah tentang aja saja dan barangkali tidak harus selalu tentang pekerjaan. Yuk mulai mengenal wartawan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *