General

Dirgahayu 80 Tahun Sinar Mas

Bagaimana rasanya 53 tahun bekerja, masih aktif hingga saat ini dan tidak pernah pindah tempat kerja sekalipun? Rata-rata milenial hanya akan betah itungan bulan dan tahun. 2 tahun maksimalnya. Bu Elly Romsiah adalah guru saya siang ini. Jangan tanya usianya kalau kerja saja sudah 53 tahun.

Tapiiiiiiiii……badan masih tegap berdiri. Jalan tanpa bantuan tongkat. Rambut tersisir rapi dan lipstik selalu menemani. Untuk seusia beliau, ini luar biasa. Yang lebih luar biasa, masih tetap bekerja. Ya….setiap harinya. Kenapa tidak santai saja? Bekerja membuatnya selalu sehat.

Siapa sih Bu Elly? Sekretaris Bapak Eka Tjipta Widjaja yang pertama. Nomor induk karyawannya masih 01. Pindah-pindah dari ruko hingga Plaza Sinar Mas Land. Susah senang, bocor, banjir, pasti sudah dijalani. Sesusah-susahnya dan sesenang-senangnya.

Aku yakin dulu Bu Elly belum mengenal six values Sinar Mas. Boro-boro. Kerja kerja kerja pasti motivasi utamanya. Dalam diri Bu Elly saya mengamini bahwa nilai-nilai itu nyata:
Integritas
Sikap Positif
Komitmen
Perbaikan Berkelanjutan
Inovatif
Loyal

Nilai ini ada semuanya dalam pribadi beliau. Hari ini, 80 tahun Sinar Mas, apresiasi diberikan, untuk menandai semua nilai yang terpatri dalam pribadi Bu Elly. Pasti tidak ada tandingannya, menjadi sekretaris selama.53 tahun.

Bu Elly yang sederhana tadi menyampaikan ucapan syukurnya. Membaca teks tulisannya tanpa kacamata. Bersyukur sudah berjalan bersama Sinar Mas selama ini. Tidak ada puja dan puji yang berlebihan. Justru mendoakan. Ini nilai lain yang aku pelajari: menghitung syukur.

Kami memulai kegiatan tadi dengan Indonesia Raya. Lalu Hymne Sinar Mas dan mengucapkan nilai-nilai Sinar Mas. Ini ritual kami setiap menyelenggarakan kegiatan. Ada haru tadi. Setiap hari mendengarkan Hymne Sinar Mas, saya tidak tahu pasti, apakah sudah mendarah daging kami meneladani nilai-nilai tersebut. Haru karena ini tahun ke 12 atau 13 buat saya di sini. Dan dikelilingi rekan kerja yang sudah 30, 26, puluhan dan belasan tahun #TumbuhBersama. Ada hal baru yang selalu kami pelajari dalam berinteraksi.

Ini sekolah terbesar saya. Belajar berorganisasi, mengelola kegiatan, bekerja sama, membangun jejaring, mempelajari hal-hal baru, dengan tetap menjadi Ibu. Bekerja penuh waktu dan menjadi ibu 100 persen.#TumbuhBersama belajar handle event yg dihadiri presiden RI atau kepala negara lain. Tanpa EO. Menjalani 40-60 event dalam satu bulan, tanpa EO.

Teman-teman silih berganti. Tetapi kami selalu punya kenangan manis di setiap pertemanan kami. Sedih mereka sedih kami juga. Dari godain mereka yang jomblo sampai beranak pinak. Senang datang ke pernikahan teman-teman dan menciwel pipi montok generasi baru yang lahir ketika kami bekerja di sini.

12 tahun lebih ibaratnya lulus wajib belajar. Tentu masih banyak pelajaran baru lainnya yang harus kami kejar lagi.

Dirgahayu! Izinkan saya, kami menjadi pembelajar dan #TumbuhBersama di Pertiwi ini.

Terima kasih Bu Elly!
#80thnSinarMas

Facebook Comments

1 thought on “Dirgahayu 80 Tahun Sinar Mas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *