General

Hidup Bahagia itu pilihan


Enaknya jadi orang terkenal. Entah karena suami yang ngetop, karena jabatan, atau ngetop karena kejatuhan duren runtuh. Yang terakhir ini saya memilih tidak mau. Pasti sakit boooo…………..

Orang ngetop yang ingin saya kutip yaitu mantan Ibu Negara Amerika, Barbara Bush. Begini Barbara bilang: “Ketika Anda berbicara tentang pendidikan, karir, atau jasa, Anda
sedang berbicara tentang kehidupan. Dan kehidupan harus dinikmati. Kehidupan mestinya menyenangkan.”

Enak ya Mrs Barbara ini bilang begitu. Terbang tinggal terbang, makan enak tinggal bilang. Baju bagus pun tinggal pesan. Siapa juga yang menyuruh Anda atau saya tidak jadi orang terkenal. Hehhehhe. Salah nasib barangkali.

Hidup memang harus dinikmati. Masalah pasti ada. Namanya juga manusia. Tidak lagi hidup di dunia fana kalau masalah tidak ada. Kalau happy terus, nanti tidak tahu bagaimana rasa derita. Kalau gambar hanya merah saja pulasnya, kita tak tahu cantiknya pelangi yang warna-warni. Jadi….?

Ada masalah ya dinikmati saja. Kalau selama ini kita sibuk cerita kanan kiri menceritakan masalah kita, seolah-olah kita orang yang paling menderita di dunia, ambilah keputusan untuk berhenti menceritakannya. Semakin kita cerita, makin besar rasanya masalah. Artinya, kita makin memperbesar masalah kita sendiri.

Gambarannya sama, kalau kita menggelembungkan balon sangat besar di depan muka kita, jalan depan kita tak akan terlihat bukan? Masalah juga seperti itu. Makin kita memperbesar masalah, makin tak keliatan jalan keluar di depan yang harusnya dengan gampang kita lalui.

Jadi, stop fokus pada masalah, fokuslah pada jalan keluarnya. Ngutip orang ngetop lainnya lagi ah. Stephen Covery, pengarang Seven Habit bilang, “Bukan berat beban yang membuat kita stres, tetapi lamanya kita memikul beban tersebut.” Jadi, selesaikan masalah dan pilihlah untuk menjalani hidup dengan bahagia.

Eh, saya sudah termasuk orang ngetop belum ya, takut dikutip nantinya. Hehhehhehhe, becanda.

Emmy Kuswandari, Malang 2009

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *