Skill

Mengejami Diri Sendiri

 

Sebelas tahun menjadi wartawan, sebelas tahun sebagai PR profesional, tentu banyak pengalaman. Bagaimana sih bertahan dan tetap dalam stage jatuh cinta dengan profesi ini?

Dulu ketika masih menjadi wartawan, satu pelajaran yang saya ingat betul dan tetap  saya terapkan hingga saat ini. “Pembaca kamu beragam, dari tukang becak sampai profesor. Dari ibu rumah tangga hingga doktor. Ketika tulisanmu buruk, mereka akan menghujat kamu.” Ujar mentor saya ketika itu.

“Kejamilah diri kamu sendiri dengan membaca, banyak bertanya dan belajar dari mereka yang paham terlebih dahulu. Lebih baik kamu mengejami dirimu sendiri daripada kamu dikejami oleh pembacamu,” lanjutnya.

Pelajaran ini saya resapi betul. Ketika saya meninggalkan profesi sebagai wartawan dan pindah ke korporasi, pelajaran ini saya terapkan kembali. Mengejami diri sendiri  dengan belajar hal-hal baru dengan segera. Dan saya yakin, pelajaran hidup ini bisa diterapkan oleh semua orang, apapun latar belakang dan pekerjaannya.

Yuk belajar dan belajar lagi. Profesi sebagai PR itu bagai ilmu hidup yang terus berkembang sesuai zaman. Belajarlah, agar tak terlena.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *