Skill

WAG, Ruang Meeting yang Efektif

Aku terbangun karena silau matahari. Mengeliat lalu beranjak  membuka jendela.  Rasa-rasanya kalimat itu kita dengar puluhan atau belasan tahun yang lalu. Yang terjadi sekarang,  buka mata dan meraba dimana handphone berada. Pagi kita diriuhkan dengan pesan yang bertubi di WA Group. Beberapa urgent untuk segera ditanggapi. Dan jadilah ini ritual pagi kita.

Bekerja di kota besar seperti Jakarta misalnya, bekerja secara efektif dengan sesuai dengan kemajuan zaman menjadi tuntutan. Untuk berpindah dari tempat satu ke lokasi lain  yang membutuhkan waktu berjam-jam (saya sendiri perlu 3-4 jam hanya untuk pulang pergi kantor rumah), remote working menjadi solusi. Dan WAG menjadi tempat yang efektif untuk melakukan rapat.

Bekerja dengan gawai, laptop dan piranti lain sejauh terkoneksi dengan internet rasanya memudahkan hidup kita. Eh  balik lagi ke WAG, perlu aturan yang tegas agar komunikasi di WAG berjalan efektif. Masing-masing WAG sebisa mungkin tidak melakukan copy paste, tidak membicarakan hal-hal yang terkait keagamaan atau politik kecuali WAG nya memang khusus untuk hal tersebut. Aturan ini bila diikuti  semua membernya akan menghasilkan komunikasi dan kerja yang efektif.

Teknologi hendaknya memungkinkan kita untuk bekerja secara fleksibel. Ini menjadi tuntutan pekerja dan dari sisi perusahaan juga menghemat banyak biaya ebetulnya. Kita menghilangkan banyak kerumitan. Ini membuat semua lebih bahagia.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *