Langkah Pertama Eka Tjipta Widjaja

Lebih dari 10-13 ribu langkah sejak weekend lalu ketemu weekend saat ini, setiap harinya.. Istimewa? Ndak juga sebetulnya. Yang membuat langkah ini jadi terasa lain karena hanya di satu tempat saja, Rumah Duka Sentosa, RSPAD. Dari lobi, keluar masuk, naik dan turun. Itu saja. Membantu tamu yang melayat, mendengarkan cerita orang-orang tua, kebaktian, menemani teman-teman wartawan, membantu Bu Anie Indrawati membuat kartu ucapan.

10-13 ribu langkah nyaris 8 hingga 10 km perharinya. Kadang dari jam 8 pagi hingga 23. Hari ini 7351 langkahku menghantar Pak #EkaTjiptaWidjajakembali ke fana.

Sulit untuk membayangkan pergi ke suatu negara dengan bahasa yang tak kita kuasai, dan nyaris tanpa uang. Dalam usia yang belia pula. Jatuh bangun bisnis dijalaninya. Modalnya hanya jujur dan kepercayaan. Itu yang dilakukan Eka di usia belianya.

Saya tak mengenal Pak Eka secara pribadi. Sejak bergabung 12 tahun lalu, Pak Eka sudah lama tak aktif mengurusi bisnisnya. Saya hanya mengenalnya dari hal-hal yang sederhana saja.

Dulu di lantai 33, saya kadang bertanya-tanya kenapa ya banyak opa-opa masih bekerja? Apa masih sanggup? Apa tidak sayang dengan anak cucunya. Kok dibiarkan sama keluarganya?

Dalam interaksi keseharian Saya baru tahu, beliau-beliau ini selalu bersama Pak Eka dalam suka dan duka. Dalam masa susahnya, terutama. Kok tidak dipensiun saja dan biarkan mereka menikmati masa tua dengan keluarganya?

“Hargailah loyalitas karyawan, terutama yang ikut berjuang bersama dalam masa-masa sulit.” Kata-kata ini disampaikan kembali di prosesi pemakaman tadi oleh Pak Teguh Widjaja. Dan ini bukan sekedar kata-kata, tetapi sudah dijalani puluhan tahun lamanya.

Apalah arti 10-13 ribu langkah Saya dibandingkan mereka. Saya pun pasti tak punya keberaniannya pergi ke tempat asing hanya dengan satu tekad mengubah hidup.

Langkah pertama Pak Eka 80 tahun lalu, meninggalkan banyak legacynya hari ini. Dan saya turut menikmati.

#TerimaKasihPakEka

Istirahatlah dalam damai.

Facebook Comments

Author: emmy

HIdup adalah Pesta. Harus dirayakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *